Active Yeast? Seperti Apa Yeast yang Masih Aktif?

Hi! Sesuai janji, gue mau nunjukin gimana penampakan yeast (atau ragi instan) yang masih bagus dan aktif.

Di beberapa resep, misalnya donat, memang yeastnya langsung dicampur ke dalam adonan dalam keadaan kering. Kalo untuk resep seperti ini amannya pake yeast yang baru dibuka dari kemasan.

Ada juga resep yang mengharuskan si yeast untuk dicampur dengan air hangat sama gula sampai aktif dan berbusa. Ini cara bagus untuk cek apa yeast simpenan kita masih bagus atau udah gak bisa dipake lagi.
So, for those of you who haven't had a clue tentang gimana penampilannya, here it is:




Yeastnya harus berbusa setelah dikasih air anget sama dicampur gula dan didiemin sebentar. Yang harus dicatet mengenai air angetnya, jangan terlalu panas. Air hangat disini patokannya pas kita nyelupin tangan ke air, kita gak ngerasa kepanasan.

Kalo setelah baking kita masih punya sisa yeast, selalu simpen di dalam wadah kedap udara supaya yeast tetep bagus. Jadi jangan cuma ngegulung paketnya terus dikaretin yaa ;)

Ok, that's just a little hints and tips about yeast. Kalo belom pernah bikin apapun yang pake yeast, cobain deh. Roti, donat, soft pretzels, bagel banyaaak banget resep fun pake yeast yang bisa dicobain. Don't be afraid to experiment on new recipes, ok?!

- Selamat Masak! -

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayam Saus Jeruk Sunkist

Serba Pake Cheese Sauce

Dirt Chocolate with Worms alias Tanah Cokelat plus Cacing (Mirip Dessert Cacing-Cacingan Yang Lagi Trend!)