Yogurt "Cheese"cake

Let me ask you two questions. Apakah kalian:

  1. Pengen nyoba bikin cheesecake sendiri tapi serem takut gagal total dan ujung-ujungnya rugi bandar atau semangat hancur karena harga cream cheese yang lumayan mahal?
  2. Pengen makan cheesecake, tapi suka gak tahan sama aroma susu dari cream cheesenya? 
Then, my friend, you might want to try this one. Namanya Yogurt "Cheese"cake. Kenapa kata cheese gue kasih tanda petik? Karena sebenernya di dalam cheesecake ini sama sekali gak ada keju. Sebagai ganti keju, dipakelah yogurt kental. Gue nemu resep ini dari Eat, Live, Run. Awalnya gue kepikiran buat nyari resep yogurt cheesecake adalah karena my Mom sebenernya suka cheesecake dan pengen makan cheesecake, tapi berhubung gak suka susu jadi Mami sering enek sama aroma susu dari kejunya.

Yogurt yang dipake di dalam resep ini dibilang Greek Yogurt. Tapi gue lebih suka bilang yogurt kental, karena teksturnya memang lebih mirip krim dan gak sama dengan yogurt yang biasa buat minuman. Untuk crustnya, gue ngikut resep aslinya dengan bikin semacam adonan pie crust atau kulit pai. Tapi, sebenernya ada cara yang lebih praktis, dengan pake crust dari biskuit yang dihaluskan dan dicampur dengan mentega cair. But, gue belom nyoba, so maybe I'll get back to you again on that.

Selain lebih ekonomis, karena harga yogurt gak semahal cream cheese, resep ini juga sedikiiit lebih sehat, lemak yogurt kan lemak baik, walaupun memang ada tambahan gula dan sebagainya. At least, buat para health-concious atau weight-watchers, dessert ini gak terlalu jadi guilty pleasure, just pure pleasure.

Gue nyobain setengah resep doang karena, honestly, gue juga agak sedikit takut gagal, hehehe. Bikin setengah resep ini bakal lebih mudah buat pemula atau yang butuh tambahan semangat supaya gak takut gagal. So... siap untuk bereksperimen?

Bahan Crust:
60 gram butter atau margarin cake and cookies, masukin freezer 5 menit, potong jadi bongkahan-bongkahan kecil
90 gram tepung terigu
Sejumput garam
1/2 sdm gula pasir
1/2 kuning telur (untuk keterangan liat cara membuatnya)
1 sdm air es

Bahan Yogurt Custard:
200 ml yogurt kental plain (gue pake Cimory Thick & Creamy)
50 gr gula pasir
1 butir telur
1/2 sdm tepung maizena
Sejumput kecil garam

Pelengkap:
Madu

Peralatan yang Dibutuhkan:
3 Ramekin atau mangkuk tahan panas ukuran 10cm, oles margarin tipis-tipis
Blender
Plastic wrap atau cling wrap

Cara Membuat:

  • Aduk rata tepung terigu, gula dan garam. 
  • Masukkan butter atau margarin, aduk dengan garpu sampai jadi gumpalan kasar seperti tepung panko.
  • Kocok kuning telur, tambahkan setengahnya ke dalam adonan, sisanya sisihkan. 
  • Tambahkan juga air es, aduk hanya sampai adonan udah bisa disatukan, jangan terlalu lama diaduk. 
  • Masukkan dalam plastik, simpan di kulkas selama 10 menit.
  • Setelah 10 menit, panaskan oven dengan suhu 190 derajat Celcius. Keluarkan adonan crust dari kulkas, tipiskan sampai setebal 1/2cm. Kalo agak lengket, taburi counter dapur atau talenan yang dipake dengan sedikit terigu.
  • Taruh ramekin di atas adonan, potong adonan sesuai lingkar ramekin, terus masukin adonan ke dasar ramekin sambil dirapikan supaya tidak ada ruang udara. Tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu. 
  • Panggang selama 10 menit. Kalo keliatannya crustnya sedikit bergelembung, it's fine.
  • Sambil nunggu adonan crust dipanggang, siapkan adonan yogurt custard.
  • Blender yogurt, gula, telur sama sisa kuning telur selama 30 detik. Tambahkan garam dan tepung maizena, blender lagi 30 detik. 
  • Setelah crust selesai dipanggang, angkat dan langsung tuang yogurt custard ke dalam ramekin. Jangan kepenuhan ya, sekitar tiga perempat penuh aja, sisain ruang sedikit. 
  • Turunin temperatur oven jadi 180 derajat Celcius, panggang cheesecake selama 15 - 17 menit.
  • Gini cara cek cheesecakenya udah siap atau belum. 
  1. Liat penampilannya, penampakannya harus udah set atau padat. Penampilannya aja loh.
  2. Bagian custard pasti masih sedikit goyang-goyang, tapi setelah didinginin nanti juga set atau padat sendiri.
  • Angkat dan dinginkan di suhu ruang. Tutup dengan plastik wrap dan masukin kulkas minimal 1 jam.
  • Sebelum dihidangkan, kasih sedikit madu di bagian atas cheesecake.


Yogurt Cheesecake with Honey Drizzle


The Original Yogurt Cheesecake



  • Rasa yogurt cheesecake ini creamy plus asam. Jadi dijamin gak bakal enek.
  • Kalo gak terlalu suka asam, bisa kurangin sedikit takaran yogurtnya dan sisa takarannya diganti sama susu cair full cream.
  • Di resep originalnya, cheesecake ini pake toping buah-buahan baru diolesin madu yang udah dipanasin sebentar biar agak cair. Kalo memang mau bikin topping buah, oke juga kalo yogurt yang dipake sesuai dengan rasa buah-buahan yang jadi toppingnya.
  • Seperti yang di atas udah gue jelasin, yogurt yang gue pake adalah yogurt Cimory Thick & Creamy. Harganya lumayan murah, sekitar 25 ribuan untuk wadah ukuran 400ml. Untuk yang, mungkin, rasanya belom pernah liat kayak gimana yogurtnya, here it is.




  • Resep ini cukup untuk 3 ramekin ukuran 10cm plus sedikit lebih. Gue pake kelebihan crust sama yogurt custardnya di ramekin yang ukurannya setengah dari ramekin itu. So, basically, resep ini cukup untuk 3,5 ramekin.


Sisa adonan jadi ini. Buat icip-icip duluan!

  • Cheesecake ini dihidangkan langsung pake ramekinnya. Tapi kalo mau yang bisa dikeluarin dari cetakan, buat crustnya dengan gaya pai. Jadi, bukannya cuma di alas doang, tapi sampai ke dinding-dinding ramekin, kaya foto yang di atas. 
  • Di resep originalnya ditulis kalo kita bisa ganti yogurt dengan susu full cream. Gue pengen nyoba! I'll get back and tell you how it goes, okay?!
  • For Original recipe, check out Eat, Live, Run's Greek Yogurt Cheesecake with Peaches and Honey.
- Selamat Masak! -

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayam Saus Jeruk Sunkist

Serba Pake Cheese Sauce

Dirt Chocolate with Worms alias Tanah Cokelat plus Cacing (Mirip Dessert Cacing-Cacingan Yang Lagi Trend!)