Serba Pake Cheese Sauce

Nyambung dari resep sebelumnya, Yummy Cheese Sauce, gue mau kasih sedikit keterangan buat beberapa menu yang ada di daftar variasi makanan yang bisa dibuat dengan cheese sauce itu. Banyak banget makanan yang bisa dibikin dengan cheese sauce. Buat penggemar keju seperti gue dan salah satu sobat gue, saus ini selain enak juga gak bikin kantong bolong kalo pas lagi ngidam keju berantai karena gak perlu pake red cheddar yang harganya selangit (200 gram sekitar 80 ribuan kalo gak salah).
Pertama-tama ada beberapa hal yang perlu diingat:

  • Cheese sauce ini memang bisa disimpan di kulkas, tapi jangan lama-lama ya. Inget, bahannya ada keju ada susu, jadi gak tahan lama. Dan, pastikan selalu simpan di wadah kedap udara karena keju dan susu gampang nyerap bau kulkas. Bukan, bukan nuduh kulkas kamu bau, tapi maksudnya biar kalo gak sengaja nyimpen cheese sauce-nya di deket makanan yang baunya tajam, cheese sauce kamu masih bisa selamat. 
  • Tekstur cheese sauce  ini kalo udah dingin semakin mengental. Untuk balikin lagi ke kekentalan seperti baru matang, gampang. Kalo punya microwave bisa dipanasi di microwave sebentar. Atau panasin di panci saus tebal dengan api kecil. Kalo masih kurang cair, tambah susu aja. 
  • Kalo kamu ragu pake keju bubuk, gak pake juga gak apa-apa kok. Banyakin aja keju cheddar parutnya. Fungsi keju bubuk hanya nambah rasa sedikit dan bikin warna sausnya cantik. Jadi kalo keju bubuk dihilangkan, kamu tetap dapet white cheese sauce atau white sauce atau bechamel sauce. 
  • Saus ini menurut kamu terlalu enek? Bisa diatur. Kurangi susu jadi setengah cup lalu sisanya pake air biasa. 

Nah, sekarang mari kita bahas menunya (buat menu yang belum ada foto, will update it later, ya):

1. Potato, Broccoli and Cheese.
Makanan yang (sepertinya) dipopulerkan sama Wendy's ini emang enak. Kentang yang lembut, brokoli yang renyah plus saus keju yang creamy. Eh, gak usah beli mahal-mahal, gak usah nyari jauh-jauh, bikin sendiri juga bisa.
Merah-merah di atasnya itu karena pake Ground Smoked Paprika alias bubuk paprika asap

  • Cuci bersih 2 kentang ukuran besar, sikat kulitnya sampai bersih.
  • Potong jadi 6 bagian.
  • Masukkan ke dalam panci lalu tambahkan air sampai kentang terendam terus tambahkan 1 sdt garam.
  • Masak di atas api sedang cenderung besar sampai kentang empuk, tiriskan.
  • Kalau sausnya belum dibikin, sekarang waktunya bikin saus, sambil nunggu kentang matang.
  • Potong-potong 1 brokoli ukuran sedang sesuai kuntum atau sesuai selera, cuci bersih.
  • Didihkan air, tambahkan 1/2 sdt garam, masukkan brokoli dan rebus sekitar 1 menit atau sampai matang tapi masih renyah.
  • Tiriskan terus langsung rendem di air es supaya warnanya tetap hijau cantik dan proses masaknya berhenti jadi tetap renyah.
  • Di pinggan tahan panas, tata kentang dan brokoli, siram saus sesuai selera. Begini aja bisa langsung dimakan atau panggang dulu sekitar 5 menit.
2. Macaroni and Cheese
Makanan ini biasanya kesukaan anak-anak. Keponakan gue yang baru mau 7 taun juga doyan banget pas gue bikin ini. Cara buatnya gak susah, apalagi kalo udah ada stok cheese sauce yang bikin beberapa hari sebelumnya. Psst, gue pernah beli Mac and Cheese instan, kemasannya kotak, mereknya Kraft, dan menurut gue rasanya mirip sama yang gue bikin sendiri, if not better.


  • Kalo gak punya sisa atau stok cheese sauce, masak dulu sesuai resep di postingan gue kemarin.
  • Rebus macaroni sesuai petunjuk, atau sampai matang tapi tidak lembek, angkat, tiriskan lalu langsung masukkan ke dalam panci isi saus, aduk rata. Masak dengan api kecil 1-2 menit sambil menyesuaikan rasanya, angkat dan makan hangat-hangat.
  • Kalo masih punya sisa atau stok cheese sauce, setelah rebus macaroni, panaskan cheese sauce di dalam panci saus tebal. Kalau terlalu kental boleh tambah susu sampai kekentalannya sesuai selera. Masukkan macaroni, aduk sebentar. Setelah rasanya pas, angkat dan makan hangat-hangat.

3. Cheesy Baked Chicken and Veggies
Biasanya anak-anak gak suka makan sayur kalo dimasak ala-ala orang gede, misalnya dibikin sop atau ditumis. Bisa nih, kita bikinin makanan yang dia suka (sebagian besar anak doyan keju) lalu selipin sayuran tapi bentuknya masih keliatan, gak diparut. Ini trik supaya anak tahu makan sayur gak selalu gak enak. (Walau memang triknya gak selalu berhasil di usaha pertama, hohoho).

  • Bahan dagingnya bisa pake dada ayam fillet yang direbus sampai matang, lalu disuwir-suwir. Untuk sayur bisa wortel, brokoli, bunga kol, snow peas, kacang polong, jagung pipil, jamur dan sebagainya.Untuk karbohidrat bisa kentang rebus atau roti perancis yang dipotong kotak-kotak (roti yang keras bikin roti masih punya tekstur setelah dipanggang). Bisa selipin sosis atau daging asap, cuma gue gak terlalu nyaranin karena cheese saucenya udah asin jadi kemungkinan tambah asin kalo ditambah daging olahan.
  • Caranya tata semua di pinggan tahan panas yang sudah dioles mentega, siram saus keju, panggang di suhu 180 derajat Celcius sekitar 15 menit.

    4. Cheesy Burger
    Burger memang populer jadi masakan cepat saji, tapi bukan berarti gak bisa bikin di rumah. Dikasih saus keju sudah pasti burger homemadenya tambah istimewa. Gue belom sempet fotoin buat blog, but will do soon. Sementara itu, ini tbahan-bahannya dulu ya, takarannya menyusul.

    • Daging cincang, tepung roti/panko (kalo gak ada bisa pake roti disobek-sobek lalu rendem susu sebentar), bawang bombay tumis, kecap asin, telur, merica, garam (kalau perlu). 
    • Aduk semua bahan, lebih bagus langsung pake tangan supaya menyatu. Bentuk bulat-bulat.
    • Panggang di wajan teflon dengan sedikit minyak. Jangan dibolak-balik. Untuk burger yang tipis satu sisi kira-kira 5 menit ajah. Setelah sisi bawahnya kecokelatan, balik dan masak sisi satu lagi.
    • Susun daging burger dan sayuran di roti burger bulat, kasih saus keju di atasnya. Siap!
    5. Cheesy Chicken Fingers
    Richeese Factory disukai anak-anak. Kenapa? Karena mereka bisa makan dua makanan kesukaan, ayam goreng tepung plus keju. Gak mahal memang, tapi kalo sering-sering mah gak asik juga ya. No worries, guys, bisa kok bikin sendiri yang gak kalah enak di rumah.


    • Dada ayam fillet belah dua melebar lalu dipotong panjang-panjang, jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis, sekitar 3cm. 
    • Rendam daging dada ayam dengan 1-2 sdm kecap asin dan sedikit merica (kalau anaknya bisa makan merica, kalo gak skip aja).
    • Siapkan bahan panir, tepung bumbu instan (atau bikin sendiri dari tepung terigu, tepung beras, bawang putih bubuk, bawang bombay bubuk, garam, merica, paprika bubuk (gak pedes)), dan tepung panko. 
    • Balut potongan ayam dengan tepung bumbu, celup ke dalam telur lalu gulingkan ke tepung panko. Goreng sampai kecokelatan dengan api sedang. (api jangan terlalu besar jangan juga terlalu kecil dan jangan goreng lama-lama karena ayam bisa keras dan gak juicy lagi).
    • Ayam siap dimakan dengan cocolan cheese sauce. 


    Nah, segitu dulu. Tapi pelan-pelan, satu demi satu, bakal gue tambahin lagi variasinya. Lumayan kan, dari satu saus bisa jadi macem-macem makanan? Buat yang boros karena sering pergi ke restoran cepat saji, bisa mulai kurangin dengan masak sendiri di rumah. Masak gak sulit, gak ribet, hanya perlu hati senang waktu lagi masak dan sering eksperimen.

    - Selamat Masak! -

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Ayam Saus Jeruk Sunkist

    Dirt Chocolate with Worms alias Tanah Cokelat plus Cacing (Mirip Dessert Cacing-Cacingan Yang Lagi Trend!)